SHOEGAZE?

Sep 23, 2008

SHOEGAZE?


Satu pertanyaan di otak saya dari dulu, sebenarnya SHOEGAZE itu sebuah aliran atau bukan sih? Banyak orang bilang shoegaze itu sebuah aliran, tapi ada juga yang bilang shoegaze itu hanya sebuah istilah. Lalu apa sebenarnya shoegaze itu?
Yang saya dapat dari teman-teman saya, shoegaze itu berasal dari kata sepatu. Jadi menurut mereka, band-band yang bisa dibilang shoegaze adalah band yang pada saat perform mereka selalu melihat ke bawah ke arah sepatu mereka. Yah itu memang masuk akal, memang banyak yang berkata begitu. Contohnya di Indonesia atau khususnya di Bandung mungkin, THE MILO. Band itu adalah band yang setiap manggung biasanya adem ayem, dan selalu melihat ke arah sepatu mereka. Lagu shoegaze biasanya down beat, banyak orang bilang “bikin ngantuk”. Karena memang lagunya yang sangat pelan sekali, jadi kebanyakan orang bilang “kalau dengerin shoegaze itu ngantuk ah!”. Atau mungkin shoegaze biasa diidentikkan dengan suasa ‘galau’. Yah entahlah apa itu shoegaze, yang saya utarakan diatas hanya selintas-selintas yang saya tahu tentang shoegaze dari perbincangan-perbincangan saya bersama teman saya.
Sementara teman saya yang sangat menyukai shogaze berkata, kalau shoegaze itu benar-benar sebuah aliran. Setelah saya mencari dalam google, yang saya dapat musik shoegaze itu berawal dari musik-musik indie rock, lalu berbuah lagi menjadi shoegaze. Jadi situs tersebut mengatakan bahwa shoegaze memanglah sebuah aliran. Band-band shogaze yang saya tahu seperti mogwai, atau mungkin yang cukup dikenal yaitu my bloody valentine. Lagu-lagu yang mereka bawakan memang cukup membuat mata mengantuk, atau mungkin jenuh. Seperti contohnya mogwai, musik mereka hanyalah musik instrumental yang dilengkapi distorsi-distorsi dan noise-noise pada gitar. Lagu mereka sangatlah pelan, tapi kadang di tengah-tengah lagu ada saatnya mereka membawa adrenalin kita naik, yah kalau dalam emosi mungkin bisa dikatakan sebagai puncak emosi. Judul-judl lagu mereka juga rata-rata bertemakan kesedihan atau ke’galau’an.
Tapi saya juga tahu dari teman saya, dia membaca buku yang berjudulkan “shoegaze”. Disana diterangkan bahwa shoegaze bukanlah sebuah aliran lagu, melainkan hanyalah sebuah istilah. Benar katanya yang shoegaze itu berasal dari kata sepatu. Jadi dalam buku itu diterangkan bahwa shoegaze itu sebuah istilah untuk suasana-suasana gelap, ‘galau’, dan sebagainya. Buku itu menyebutkan untuk aliran sendiri mungkin musik post-rock bisa dikatakan musik shoegaze. Yah yang dibilang musik post rock itu yang seperti mogwai, explotions in the sky, jesu, dan lain-lain.
Jadi sampai sekarang pun saya tidak tahu pasti apa itu shoegaze. Yang bisa saya tangkap mungkin, shoegaze memang sebuah istilah, dan yang masuk dalam kategori shoegaze itu adalah musik-musik beraliran post rock, yang seperti mogwai, explotions in the sky, jesu, dan lain-lain. Maka banyak orang mengatakan kalau mogwai itu shoegaze! Haha itu cuma kesimpulan ngga jelas yang keluar dari otak saya yang mini ini. Kalau ada yang tahu apapun tentang shoegaze, kasih tau saya ya!