Jul 21, 2008


Jais
26 Tahun Sebagai Pawang Ular

Badan tinggi kurus, berkulit hitam, berkumis, dan keriput. Itulah sosok seorang Pak Jais. Seorang pawang ular di Kebun Binatang Kota Bandung. Pria kelahiran kelahiran Garut, 3 April 1946 ini sedang sibuk mengelap kaca akuarium ular di tengah ramainya pengunjung Kebun Binatang Kota Bandung tersebut. Selama hampir 26 tahun dia bekerja sebagai penjaga ular di kebun binatang tersebut. Seorang yang sangat berani. Padahal kalau kita pikir-pikir lagi ular merupakan salah satu binatang yang sangat berbahaya. Salah satu binatang buas. Apabila kita tidak hati-hati, mungkin bisa saja kita celaka. Sungguh pekerjaan yang sangat membutuhkan nyali yang sangat tinggi.
Pada saat itu saya mendatangi Pak Jais ke Kebun Binatang Kota Bandung. Di pinggir kandang-kandang ular yang sangat besar, Pak Jais menjawab pertanyaan saya. Sungguh menakutkan memang berdiri di sebelah kandang ular yang terbuka. Berikut wawancaranya.

Pak, disini jabatan Bapak sebagai apa ?
Disini saya bekerja sebagai pawang ular mungkin disebutnya .. Apa itu disebutnya ? Keeper gitu yaa ? Nah iya .. Disini saya bekerja sebagai keeper ..Sudah berapa lama Bapak kerja disini ?
Kalo menjadi penjaga ular kira-kira 26 tahun ya ..Bapak suka menemukan ular-ular di luar kandang ini ?Oh suka itu .. Sering malah !Terus ular-ular itu dibagaimanakan Pak ? Di masukan ke kandang atau gimana Pak ?
Oooh itu sih sukanya dimasukin ke kandang. Tapi kadang juga dikasihkan sama orang-orang yang mau aja .. Dijadikan inventaris kebun binatang biasanya..Suka dukanya jadi penjaga ular seperti ini apa ?
Kalau dukanya paling yaa seperti sekarang ini. Yang paling besar kan sedang sakit, udah ada lima bulan nggak mau makan. Itu paling susah .. Disuapin nggak mau. Di pegang juga nggak bisa sendiri, tenaganya kuat banget .. Jadi butuh banyak orang untuk mengurusnya ..Kalau sukanya apa ?
Sukanya sih kalau ularnya pada sehat .. Makannya bagus .. Itu enak ..Merawat ular sendiri bagi Bapak susah nggak ?
Dibilang susah yaa nggak begitu susah .. Makannya kalau disini yang didalam kandang dirawat satu bulan sekali. Biasanya setiap tanggal 15 .. 35 ekor bebek untuk beberapa ular.
Yaa tergantung besar kecilnya ular .. Ada yang habis enam ekor, lima ekor, dua ekor juga ada.Apa Bapak nggak takut merawat ular seperti ini ?
Ah nggak .. Udah biasa saya sih .. Sudah lama berurusan dengan ular ..Ular disini masih ada bisanya nggak ?
Tapi nggak semuanya nggak ada bisa ! Seperti yang ini (sambil menunjuk ke arah ular yang sangat besar), ular sanca kembang namanya. Nggak ada bisa. Tapi lilitannya bisa membuat patah tulang di tangan ..Kalau boleh tau disini ada berapa jenis ular ?
Kalau disini sih ada empat jenis. Ada sanca kembang, sanca bodo, king cobra, sama ular koros ..Ular-ular itu didapat darimana Pak ?
Ular-ular itu biasanya sih di dapet dari hasil penangkapan di hutan .. Atau kalau ada yang ngasih dari orang-orang .. Yah macam-macamlah !

Bapak ikut nangkap nggak ?
Yaaa kadang saya juga suka ikut nangkap ..Susah nggak Pak nangkap ular itu ?
Nggak susah-susah banget sih .. Tergantung ularnya .. Ada ular yang jalannya cepet banget, nah kalau yang itu lumayan susah. Ada juga yang gampang diambil ..Kenapa Bapak suka sama pekerjaan ini ?
Ya soalnya saya suka sama ular ..Suka sama ular dari kapan ?
Dari kecil saya suka main-main sama ular .. Jadi yaa sampai sekarang pun saya masih suka ular. Dan sekarang saya bekerja jadi penjaga ular ..Bapak nggak takut sama ular ?
Ah saya sih sudah biasa .. Nggak perlu ada yang ditakutkan sekalilah ..Bapak sendiri melihara ular nggak di rumah ?
Oh iya .. Dirumah juga saya punya ular. Sudah lumayan banyak. Ada sekitar enam ekor ular dirumah.Bapak dirumah tinggal sama siapa ?
Saya tinggal bersama istri dan keluarga anak saya yang paling besar ..Terus bagaimana dengan keluarga Bapak yang lain ? Nggak pada takut sama ular ?
Hahahahahaha .. Nggak juga .. Mereka nggak suka ular. Cuma saya saja yang suka ular dirumah .. Mereka sih biasa aja .. Udah terbiasa juga mungkin yaaa.Bapak sendiri pernah nggak makan daging ular ?
Ah saya nggak pernah makan daging ular .. Sampai sekarang belum tau rasanya seperti apa. Buat saya ular lebih baik dipelihara daripada dijadikan makanan. Hahahaha ...Apa harapan Bapak sendiri terhadap kemajuan Kebun Binatang?
Yaa saya sih pengen sekali koleksi binatangnya bertambah .. Yaa tambah koleksi ular juga. Biar makin lengkap .. Kalau buat yang lainnya sih semoga kebun binatang ini terus maju saja deh ..