Jul 21, 2008


Interview With everybody loves irine
“Musik kita emang segmented ! Tapi kita suka kalau musik kita dibilang segmented. Itu berarti orang-orang dengerin lagu kita karena emang suka, bukan karena ikut-ikutan ..”

Kenapa namanya “Everybody Loves Irine” ?
Karena dulu kan nama bandnya cuma masih kaya bercandaan aja. Dulu juga kita pengen yang lebih seriuslah. Akhirnya gw nyari nama, waktu itu lagi ada sitkom “Everybody Loves Raymond” terus juga lagi ada film “Me, My Self, and Irine”. Nah kebetulan nama vokalis kita Irine .. Jadilah Everybody Loves Irine! Enggak ada niat-niat khusus sih .. Cuma tiba-tiba aja. Pengen aja kaya gitu ..
Terus kenapa sih namanya panjang banget ?
Yaaa kita pengen aja biar orang-orang susah nginget namanya. Dan biasanya kan kalau yang susah pasti di inget. Walaupun banyak orang yang suka menyingkat jadi ELI. Sebenernya kita sih enggak mau di sebut ELI. Kita pengen orang-orang nyebut yang panjang ..

Ceritain dong gimana bisa sampai kebentuk Everybody Loves Irine ?
Kalau Everybody Loves Irine sendiri kebentuknya tahun 2001. Awalnya cuma Yudi, Dimas, sama Mulyadi dari SMP, itu juga ada 2 orang lagi. Kita maen britpop, yaaa Oasislah .. Akhirnya kita beda-beda SMA. Nah di SMA, Yudi ketemu Irine, ya udah diajak maen. Dan Aulia itu temen kuliahnya Irine, dan diajaklah lagi .. Dan terbentuklah sampai sekarang ..
Terus aliran musik kalian sendiri apa sih ?Triphop ! Yaaa triphop itu kan luas. Ada rocknya, ada popnya .. Serahin ke pendengar ajalah. Tapi kita trpihop ! Kalau di album pertama mungkin emang triphop yang gloomy gitulah .. Tapi di album kedua mungkin kita bakal bikin yang up-beat dikitlah .. Jadi kita pengen orang-orang enggak nganggep kita lagi sebagai band galaw !

Kenapa kalian milih triphop ?
Karena dulu masih jarang banget triphop di Indonesia. Terus katanya sih suara Irine itu lebih ke triphop. Dulu kan kita pernah rekaman empat lagu. Tiga lagu tweepop sama satu lagu triphop, nah ternyata orang-orang lebih banyak seneng sama yang triphop itu. Yaa mungkin emang ternyata dapet feelnya kesitu ..
Influence kalian darimana aja ?
Kalau Dimas mungkin lebih ke indiepop, Mulyadi ke britpop, Irine lebih ke solo pop kaya Mariah Carey, kalau Aulia sama kaya Mulyadi, kalau Yudi sama aja sih. Kalau Yudi sih labil .. Macem - macemlah !
Gimana sama album baru ? Rencana keluar kapan ?
Maunya sih tahun depan. Secepatnya ! Antara April – Meilah. Awalnya Februari tuh pengennya udah selesai. Cuma ada kesalahan tekniklah. Kaya misalnya suara si Irine yang tiba-tiba hilang. Terus kita juga ada kerjaan masing-masing. Lagian kita juga ngeband gimana yaaaa ?? Hmmm semacam hobi .. Tapi hobi yang digilai. Ga harus tapi wajib ! Bukan yang utama tapi utama !
Kalau dengerin lagu kalian kan liriknya gelap-gelap gitu, yang paling banyak nulis liriknya siapa ?
Yudi yang sering nulis ! Inspirasi sih dari mana aja. Tapi kalau yang di album pertama, itu bukan nyeritain tentang kehidupan pribadi. Itu lebih ke yang gimana yaaa kalau kita itu jadi dia. Mungking lirik-lirik kita kaya yang nyuruh bunuh diri. Tapi yaa kita ga nyuruh buat bunuh diri sih .. Lebih ke empatilah ! Lebih ke ‘jikalau’ .. Kita pengenlah ngerasain kalau kita jadi orang itu gimana rasanya ..
Musik kalian kan bisa dibilang segmented banget, gimana menurut kalian sendiri?
Musik kita emang segmented ! Tapi kita suka kalau musik kita dibilang segmented. Itu berarti orang-orang yang denger lagu kita emang bener-bener karena suka, bukan karena ikut-ikutan. Yaa emang banyak orang bilang lagu kita itu paling cocok didenger sebelum tidur. Tapi emang kita pengennya orang-orang yang nonton kita itu diem, duduk ..

Yang paling sering ngaransemen lagu siapa ?
Yudilah ..
Emang sengaja dibikin gloomy kaya gitu ?
Nah kita juga bingung ! Di album pertama emang semua lagu di album kita itu sama semua ! Datar .. Bukan karena dikonsepin kaya gitu. Tapi enggak tau ternyata hasilnya kaya gitu. Emang agak monoton sih. Makannya di album kedua nanti bisa dilihat ada perubahanlah. Nanti disana juga bakal ada chill out, agak sedikit ramelah !
Waktu itu pernah ada berita tentang show kalian yang di Malaysia, sempet ada masalah kan ? Bener enggak sih ?
Bener .. Kita hampir dipenjara .. Soalnya kemaren waktu Everybody Loves Irine ke Malaysia enggak ada izin unutk manggung, Cuma buat wisata aja .. Jadi kalau disana, kalau orang asing itu enggak bisa melakukan apa-apa. Mungkin yaa karena ada beberapa event disitu, atau mungkin juga karena ada rasa cemburu .. Terus ketahuanlah ada anak-anak Indonesia mau manggung disini enggak ada izin .. Nah akhirnya ke venue-lah kita .. Udah banyak orang-orang yang mau nonton. Tapi kalau manggung itu ya bisa ditangkap. Nah kebetulan di Event Organizer tersebut punya beberapa pengacara bebas. Mereka nego sama pihak imigrasi. Tapi pihak imigrasi tetep enggak mau, katanya harus ada izin. Yaaa jadi akhirnya kita enggak manggung .. Tapi cuma di tempat itu aja. Nah itu juga yang agak aneh buat kita .. Kenapa Cuma di satu tempat aja.
Ceritain dong suka duka kalian waktu manggung ?
Kita lebih banyak dukanya ! Tapi sukanya yaa kita bisa bekreatifitaslah, ngeluarin karya-karya kita .. Sama seneng bisa maen di luar negeri ! Seneng aja gitu ke luar negeri dari hasil nabung sendiri .. Kalau dukanya yaa kita enggak ada kru. Kita semua kerja sendiri. Jadi bawa barang-barang sendiri .. Dan waktu di Singapura itu pertama kalinya band Indonesia datang kesana. Sama satu-satunya band Indonesia yang diundang kesana. Dan senengnya lagi, kan musik kita segmented banget. Enggak semua orang bisa dengerin, tapi yaa karena musik kita yang dibilang aneh ini, malah jadi unik. Terus jadi banyak yang bilang kita band mahal ! Yaa karena kita udah manggung di luar .. Padahal kita gini-gini aja.
Tanggapan kalian sendiri tentang scene indie di Indonesia ?
Menggila ! Menjamur ! Indie itu gila. Dapet duit darimana gitu bisa buat rekaman sampai ngerelease sendiri. Hebat aja gitu ! Yang diharepin dari Indie sendiri sih lebih profesional gitu .. Terus bikin musik yang berkualitas, jangan asal maenlah ! Kan kebanyakan indie di Indonesia itu pop, rock, emo, metal .. Masih banyak gitu aliran laen .. Dibikin variasilah !
Harapan Everybody Loves Irine ke depan ?
Ngeluarin album kedua .. Pengen terus bersama .. Dipanggil ke luar negeri .. Lalu ada satu yang jadi kebanggaan kita. Lagu kita udah didenger sama orang yang nanganin portishead .. Dan tadinya kita itu udah disuruh kesana buat rekaman di studionya portishead. Jadi itu orang yang nanganin album pertama portishead. Yah satu kebanggaanlah buat kita ! Siapa sih kita ? Cuma Everybody Loves Irine !