KISAH ANGKOT

Jul 21, 2008

KISAH ANGKOT


Angkutan Kota yang biasa kita sebut dengan angkot. Kendaraan berwarna warni yang bertuliskan nama-nama daerah di suatu kota. Yang sering kali membuat para pengendara mobil pribadi ataupun motor emosi, karena tingkahnya yang sering kali berhenti tiba-tba tanpa memberinya tanda-tanda terlebih dahulu. Sehingga membuat jalanan macet dan yaaah membuat para pengguna jalanan emosi pastinya. Yah itulah ANGKOT..

Dari mulai orang-orang eksklusif, wanita-wanita bergaya hedonis dengan make up setebal batang pohon karet, wanita-wanita karir dengan rok mininya yang selalu membuat orang-orang yang duduk di pinggir jalan ternganga melihat pemandangan yang ada di dalamnya, mahasiswa-mahasiswa berotak dengan kacamata setebal daging gajah, mahasiswi dengan krudung panjang, mahasiswi dengan dandanan tanteu-tanteu, anak-anak muda dengan gaya masa kini, anak-anak SMA atau SMP yang ribut kaya tikus-tikus yang sedang berkelahi dengan kucing, anak-anak SD dengan jajanan-jajanannya yang belum tentu bersih, penjual kue-kue kering, sampai ke orang gila pun bisa kita temui di angkot! Yah orang gila, sesuai pengalaman saya, dua kali seangkot dan duduk di sebelah orang gila.

Cukup menyenangkan, karena kocak melihat aksi-aksinya yang AJAIB.Cukup AJAIB saya melihat orang gila perempuan duduk di depan saya, memakai kaos berwarna abu, rok kotak-kotak berwarna merah, sendal jepit, rambut kemerahan serasa bule, menjinjing kantong kresek hitam yang entahlah apa itu isinya, yah mungkin itu bekal makanannya dari rumah sakit jiwa. Dan sangat kaget sekali ketika melihat dia mengangkat bajunya sambil bergaruk-garuk ke arah dadanya. Oh Tuhan, seronok sekali ya ternyata orang gila itu? Dan tiba-tiba saya menjadi deg-degan ketika orang gila itu memandang saya, dan berbicara “neng, minta seribu neng..”. Daripada saya dapat masalah, yah lebih baik saya kasih dia uang seribu rupiah, dan ujung-ujungnya dia malah mengajak saya berbincang. Dan respon saya hanya mengangguk-anggukkan kepala dan tersenyumm-senyum, padahal entahlah orang gila itu ngomong apa kepada saya. Kira-kira saya sudah bisa menjadi seorang psikologi tidak ya? Saya sudah bisa berkomunikasi dengan orang gila!

Yah banyak sekali hal-hal yang sering membuat kita tertawa-tawa kalau lagi ada di angkot. Ada juga orang di angkot, yang malah asyik sama handphonenya, dengan memainkan games sambil mendengarkan MP3 lagu kencang-kencang. Hey, situ pikir ini mobil volvo milik presiden apa?
Dan lucunya pernah juga saya melihat anak SMA yang duduk pas di sebelah saya, dan pas juga di depan pintu masuk angkot. Yah sewajarnya siswi SMA, dia memakai rok abu-abu. Sewaktu angkot berhenti alias NGETEM, orang-orang yang ada di luar teriak-teriak, “hai, kuning.. kuning..”. Saya heran, ada apa dengan warna kuning? Perasaan tidak ada yang memakai warna kuning. Apa mungkin ada yang boker di angkot? Ah tapi tidak.. Setelah saya perhatikan, gadis SMA sebelah saya ngomel-ngomel “ah sebel.. ah bete..”. Hahaha ternyata dalaman dia terlihat sama para preman pinggir jalan itu. Ya neng, mbo ya kalau duduk di angkot itu hati-hati toh.. Beramal sih boleh, tapi itu terlalu beramal banyak namanya!

Yah masih banyak lagi cerita-cerita lucu yang terjadi di angkot. Saya yakin, kalian juga pasti pernah mengalaminya. Selain kebodohan-kebodohan juga terjadi tindakan kriminal. Pastinya kita juga tahu, angkot itu tidak aman! Semua orang pasti sudah tahu kalau di angkot itu sering terjadi tindak kriminal, yaitu penjambretan! Beberapa pria yang datang bergiliran dari satu tempat ke tempat yang lain dengan jarak kira-kira 10 meter, duduk mengerubungi target, membawa tas ransel yang besar padahal isinya cuma udara saja. Hati-hati kalau ada yang seperti itu. Biasany setelah mereka masuk ke dalam angkot, salah satu dari mereka yang duduk di sebelah target persis pura-pura muntah-muntah, padahal itu motif dia untuk mengalihkan perhatian para penumpang. Dan pada saat dia muntah-muntah, seseorang yang duduk di sebelah targetnya juga mengambil handphone di dalam tas target, dengan ditutupi oleh tas ransel yang sebesar gunung tangkupan perahu itu. Setelah itu, mereka turun bersama-sama. Dan si target kaget-kaget, kebingungan, menangis, dan menyesal karena tidak hati-hati. Sepreti itulah kronologi standarnya. Jadi buat para penumpang setia angkot, PEDULI PENUHLAH..

Begitulah kisah sebuah angkot, dari orang gila, mendengarkan MP3 keras-keras, sampai penjambretan, baru sedikit dari kisah-kisah yang terjadi di angkot. Yah memang ada sisi positifnya, mungkin dengan menjadi penumpang setia angkot kita bisa berkomunikasi dengan orang tidak waras. Tapi ada juga sisi negatifnya, jangan sampai handphone kita ikut-ikutan dijambret, jadi ada baiknya kita memakai tas 1000 lapis, atau kalau perlu koper dari kulit biar tidak bisa di gores pakai silet.

Tapi mau bagaimanapun juga, angkot sudah menjadi bagian kita hidup sehari-hari, khususnya bagi saya. Setiap hari saya berkecimuk dengan angkot. Setiap hari saya cemberut gara-gara angkot yang ngetem lama sekali. Biarkanlah jadikan kisah-kisah angkot ini sebagai pengalaman unik.. HIDUP ANGKOT!